Apakah Wilayah Kepri Berpotensi Kena Tsunami? Begini Prakiraan BMKG Hang Nadim

Ilustrasi Tsunami (Foto: Istimewa)

Batam – Gelombang Tsunami yang menerjang di sejumlah wilayah di Provinsi Banten, membuat mata semua orang terbelalak. Tidak satu pun menyangka gelombang setinggi sekitar 4 meter itu adalah Tsunami.

Bahkan BMKG pun semula sempat menyangkal kalau peristiwa itu adalah Tsunami. Pasalnya tidak ada tanda-tanda yang spesifik sebelumnya.

Lantas bagaimana dengan di Kepulauan Riau? Apakah bisa terkena atau berpotensi Tsunami?

Baru-baru ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memberikan imbauan kepada masyarakat mengenai cuaca yang buruk seperti gelombang tinggi.

Sedangkan untuk Tsunami, Suratman, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim menegaskan, wilayah Provinsi Kepri kecil kemungkinan terkena atau berpotensi Tsunami.

“Di Batam, Karimun dan Tanjungpinang, secara geografis tidak ada berpotensi untuk Tsunami karena berada di luar dari daerah gempa, dan juga tidak ada gunung berapi,” ujar Suratman.

Meskipun demikian, ia juga tidak menampik bisa saja terjadi terkena dampaknya kalau Tsunami terjadi di wilayah lain, dan dampaknya sangat besar. “Tapi, kemungkinannya kecil.”

Sementara itu untuk gelombang tinggi, kata Suratman, saat ini belum masuk musim angin utara, yang biasanya dipengaruhi oleh angin dari Laut China Selata, melainkan masih dipengaruhi angin barat atau barat daya.

Prakiraan cuaca

BMKG memperkirakan musim angin utara  akan terjadi pada bulan Februari 2019. Namun Suratman tetap menghimbau warga untuk terus waspada menjelang akhir tahun ini.

Di Kepulauan  Riau masih berpotensi hujan lebat, petir dan angin puting beliung. Suratman juga menambahkan bagi masyarakat ditepi pantai atau nelayan untuk hati-hati potensi gelombang tinggi sewaktu-waktu bisa datang.

“Tolong diperhatikan informasi terkini dari BMKG yang valid,” saran Suratman. Secara umum cuaca di Kepri kondisi berawan yang perpotensi hujan secara lokal dengan intensitas ringan hingga sedang.

sumber : batamnews.co.id

(sya)

Leave a Reply