Polisi Tanjungpinang Mulai Sesuaikan Diri Untuk Amankan Pemilu

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi. (Foto: Adi/Batamnews)

Tanjungpinang – Polres Tanjungpinang menggelar gladi posko pengamanan pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang. Persiapan itu dilakukan, Rabu (5/12/2018).

Dalam gladi posko tersebut, Polres Tanjungpinang menyimulasikan beberapa pesoalan terkait dengan kondisi nyata, seperti akan dihadapkan adanya kegiatan kampanye pasangan capres dan cawapres

“Masing-masing dari pejabat Operasi Mantap Brata ini punya tugas dan tanggungjawab apa dan bagaimana prosesnya,” kata Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi.

Selain itu juga, katanya, simulasi bagaimana mekanisme jika menghadapkan kondisi yang membutuhkan bantuan dari satuan atas dan satuan TNI.

“Ini kita simulasikan dengan harapan mereka terbiasa mengetahui semua persoalan, bagaimana koordinasi dan menyelesaikan,” ujarnya.

Ucok menjelaskan ada tiga kontijensi yang harus diantispasi pada saat tahapan Pemilu. Pertama terkait becana alam, kedua kontijensi yang disebakan terorisme dan ketiga kontijensi yang disebabkan konflik sisial.

“Ketika situasi kontijensi harus dihadapkan, nanti kami simulasi juga,” sebutnya.

Ia berharap, dari semua tahapan pemilihan umum ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. Selin itu juga diharapakan semua anggota mempunyai tingkad kewaspadaan disetiap tahapan Pemilu. “Semua tahapan pemilu itu penting,” katanya.

(adi)

Leave a Reply